Rabu, 27 Februari 2013

About Jogja - Kos-kosan di Jogja


Seperti yang kukatakan di postingan sebelumnya, aku pernah kuliah di Jogja. Dan selayaknya seorang pendatang, tentu yang pertama-tama dicari adalah tempat tinggal. Nah disini aku pengen ceritakan sedikit tentang kos-kosan di Jogja. Siapa tau bisa jadi referensi buat temen-temen yang pengen kuliah n nge-kos di Jogja :) .


contoh kosSebelumnya pasti sudah pada tau apa itu kos-kosan kan? Kos-kosan adalah rumah yang memiliki banyak kamar dan kamar-kamar tersebut disewakan dalam jangka waktu tertentu. Harga kamar, fasilitas dan jangka waktu sewa pun berbeda-beda setiap kosnya. Ada kos yang murah seharga seratusan ribu per bulan, ada juga yang mahal seharga jutaan per bulan. Ada juga kos yang mau menyewakan per hari seharga 20-30an ribu dan ada kos bagus yang menyewakan seharga ratusan ribu per hari. Fasilitas yang disediakan juga bervariasi mulai dari ada tidaknya kamar mandi dalam, tv, kulkas, dll

Nah, pada umumnya, kos dibagi menjadi 2 bagian besar berdasarkan fasilitasnya (sepengetahuanku :D) yaitu kos dengan kamar mandi dalam dan kos dengan kamar mandi luar. Aku pernah menempati kedua jenis kos tersebut. Tentu masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Misal :

Kelebihan kos dengan kamar mandi dalam :
- tidak perlu khawatir kamar mandi penuh
- tidak perlu jauh-jauh jalan ke kamar mandi (toh pasti di sebelah kamar XP)
- dll deh

Kekurangannya :
- harus membersihkan kamar mandi sendiri (jd masalah bt yang malas sepertiku :D)
- kamar menjadi lebih lembab (karena dekat sumber air :P)

Nah kelebihan dan kekurangan kos dengan kamar mandi luar sudah bisa di perkirakan sendiri kan?

Selanjutnya untuk pembagian kos yang tidak kalah pentingnya yaitu kos putra, kos putri atau kos campur. Untuk kota Jogja sih segala jenis kos itu ada. Hanya saja sepertinya banyak kos yang tidak menempelkan label bahwa dia adalah kos-kosan. Tapi untuk masalah jumlah kos, Jogja tidak bakal kehabisan deh. Segala macam kos bertaburan di mana-mana khususnya di sekitar universitas (untuk tempat lain aku kurang tau, soalnya aku tinggalnya dekat kampusku :D). 

Sebagai referensi, kusertakan spesifikasi dari kos yang pernah kutinggali. Dua-duanya di daerah Babarsari :D
1. Kos Putri, Kamar Mandi Dalam, kamar kosong ukuran +- 2.5x3.5 plus kamar mandi +- 1x1.5, ada dapur yang digunakan penjaga kos tapi boleh kita gunakan juga, harga 325rb belum dihitung tambahan jika membawa alat elektronik seperti tv, kulkas dll
2. Kos Putri, Kamar Mandi Luar, kamar ukuran +- 3x3 disediakan kasur, lemari kecil, meja belajar dan kursi. ada dapur bebas dipakai, harga 300rb belum dihitung tambahan jika membawa alat elektronik.

Sekian dlu postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan jika ada yang salah atau kurang mohon bantuannya untuk memberitahu ;)

2 komentar: